Batik

Batik Tradisional Yang Cocok Untuk Pria

Batik adalah salah satu warisan leluhur Indonesia, batik sudah lahir sejak abad 18. Batik bisa dikatakan populer karena sudah menjadi salah satu warisan dunia dan telah di akui UNESCO pada tahun 2009. Kain batik ini memiliki keunikan dari kain-kain lainya.

Dalam kain batik sebuah gambar biasanya menceritakan suatu hal. Proses pembuatan batik tidaklah singkat, karena butuh ketelitian dan juga keuletan. Jenis batik ada tiga yaitu tulis, cap, dan print.

Proses pembuatan batik tulis menggunakan canting dan malam. Ini mengakibatkan harga batik tulis terbilang lebih tinggi dari batik cap karena teknik membuatnya yang lebih rumit ketimbang batik cap.

Banyak sekali corak batik yang ada di nusantara ini, hampir sebagian besar daerah pengrajin batik di Indonesia memiliki corak batik yang khas dari daerah tersebut. Sehingga corak batik terkadang bisa dikenali dimana asal dibuatnya kain batik tersebut.

Beberapa pengrajin batik yang sudah terkenal seperti di daerah Pekalongan biasanya memang memiliki ciri khas tersendiri pada batik yang dijualnya.

Corak Batik Tradisional Yang Cocok Untuk Pria

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa corak dari kain batik cukup beragam. Berikut corak batik menurut daerah yang cocok dikenakan oleh para pria.

1. Batik Pekalongan.

https://masbadar.com/batik-pekalongan-batik-multi-budaya/

Batik pekalongan memiliki motif yang rata-rata didominasi bentuk flora dan fauna. Karena letak kota Pekalongan yang strategis dan digunakan untuk lokasi perdagangan. Batik dengan motif flora dan fauna ini cocok digunakan untuk pria karena motifnya yang unik, tidak berlebihan, dan tidak feminim.

2. Motif Batik Semen

http://www.museumbatik.com/artikel/2015/05/11/Makna-Filosofi-dan-Cerita-di-Balik-Berbagai-Motif-batik—seri-Semen.html

Motif dari batik ini adalah motif batik yang cocok digunakan pada saat menghadiri acara umum. Motif dari batik semen ini terinspirasi dari lingkungan dan keadaan alam. Ini terlihat dari pola – polanya yang berupa pola gunung, daun, dan lainnya yang berhubungan dengan alam. Batik ini bisa digunankan pria karena motifnya yang umum dan juga warna batiknya ada beberapa yang cenderung gelap.

3. Motif Batik Lereng

http://www.museumbatik.com/artikel/2015/05/12/Makna-Filosofi-dan-Cerita-di-Balik-Berbagai-Motif-batik—seri-Lereng.html#.XXpUA8pS_VM

Motif batik ini sudah tidak asing lagi. Motif batik hampir mirip dengan motif parang. Model batik ini sudah cukup banyak di pasaran. Dan karena modelnya terdiri dari garis diagonal yang sempit dan hanya berisikan dengan pola-pola kecil dan dikombinasikan dengan beberapa bentuk lainya didalam satu kain. Batik ini cocok digunakan oleh kaum adam, walau dengan warna yang cerah model batik ini tetap cocok untuk diguganakan karena motifnya yang cukup netral.

4. Batik Keraton.

https://infobatik.id/sejarah-lahirnya-batik-keraton/

Batik keraton dahulunya dibuat hanya untuk kalangan bangsa keraton saja yang bisa menggunakan, karena pada jaman dahulu kita mengenal system kasta sebagai tingkatan kemuliaan. Namun pada jaman sekarang sudah tidak ada lagi kasta dalam model berpakaian batik. Kini batik keraton dapat digunkan oleh semua kalangan.

Demikian artikel tentang corak batik tradisional yang cocok dipakai oleh pria, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih

Baca juga artikel lainnya:
Model Jas Hujan Pria
Memilih Bahan Pakaian Musim Dingin Untuk Pria
Mengenal Jenis-Jenis Bahan Kaos Pria

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *